Selamat Datang RENDANG - AHOLIC Mamasaiyo. Pesan RENDANG yang Bunda sukai sekarang juga!

HUB. 0853 6829 5966 - Desi Susanti
EMAIL. rendangmama@yahoo.com
Rendang Mamasaiyo Rendang Padang Boros Bumbu

Senin, 10 Januari 2011

Rendang dan Kerupuk Jangek, Teman Setia

Rendang dan Kerupuk Jangek lebih nikmat jika disajikan berdampingan. Keduanya saling melengkapi. Oleh karena itu kerupuk Jangek menjadi primadona di Rumah makan padang.

Saya baru saja selesai memasak rendang daging untuk makan siang nanti, rendang sudah berminyak dan loto’ nya (sebutan untuk bumbu rendang dalam bahasa Padang) juga sudah terlihat jadi tinggal disajikan di piring. Teringat saya memiliki kerupuk jangek mentah, saya goreng dengan api sedang, dan ditiriskan minyaknya. Kemudian saya letakkan di toples cantik pemberian Mama sewaktu lebaran kemarin. Karena hari sudah menunjukkan pukul 12.00, hanya satu menu utama dan satu menu pendamping sebagai pelengkap makan siang kami. Karena baru saja memulai masak pukul 10.30, menyambi mencuci pula sehingga hanya itulah menu makan siang saya dan suami.

Waktu menunjukkan pukul 12.10 dan suamiku tiba di rumah. Tidak berapa lama, muncul di dapur sehingga saya pun mempersilakan duduk untuk makan. Ketika mengambil nasi, saya pun menceritakan pengalaman memasak rendang saya yang kertiga kalinya. Puji syukur setelah mencicipi rendang buatan saya, suamiku pun menyukainya. Hal yang paling menyenangkan lagi meskipun masakanku hari itu hanya rendang tetapi beliau senang sekali. Ternyata oh ternyata, kerupuk Jangek yang membuat makan siang kami semakin nikmat. Yup, kerupuk ini memang kerupuk khas orang Padang, setiap masakan minang pasti bertambah lengkap nikmatnya dengan kerupuk Jangek ini. Kerupuk Jangek berasal dari kulit sapi yang dikeringkan. Tidak mudah juga membuatnya menjadi kerupuk mentah sehingga kerupuk Jangek yang sering kita temui di rumah makan yang menjual masakan khas minang ini harganya tinggi.

Kalau ingin mentahnya, jarang terlihat dijual di pasar, kemarin saya lihat dijual di supermarket ‘Diamond’ di daerah Palembang dan harganya mahal sekali. Saya beruntung karena kerupuk Jangek yang kami makan  adalah kiriman dari Mama dari Jakarta. Rasanya enak, tidak perlu ditambah garam karena sudah berasa ‘garamnya pas’.

Pesan Rendang Padang Enak sekarang juga!
Hubungi 0853 6829 5966
Email rendangmama@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar